Akibat nitrogen pada diver

pada saat menyelam dikedalaman tertentu seorang penyelam (diver) memerlukan perlengkapan divingnya yaitu BCD (Bouyancy Compensating Devices) atau sebuah jaket yang bisa diisi udara yang membuat daya apung penyelam bisa di buat netral, yang artnya penyelam tidak tenggelam atau tidak terapung dipermukaan air.  Masker selam yang berfungsi untuk melihat didalam air, kaki katak atau “fin”, sangat diperlukan karena area permukaan kaki tidak cukup besar untuk memberi dorongan (forwad thurs) di dalam air. Dan yang sangat penting adalah regulator atau tabung gas yang berfungsi untuk membantu pernafasan didalam air. Tabung gas yang digunakan para penyelam ada 3 macam yaitu : campuran gas nitrogen – oksigen, helium – oksigen, nitrogen – nitrogen-oksigen.

Nitrogen adalah gas inert senyawa dengan oksigen yang memiliki efek bius tinggi. ketika penyelam melakukan diving pada kedalaman 300 meter, gas nitrogen yang terkandung dalam regulator selam akan mudah larut dalam darah dan mengakibatkan keracunan nitrogen , gejalanya seperti orang mabuk alkohol. Dan jika menyelam lebih dari 100 meter akan berdampak kehilangan kesadaran, kebutaan, bahkan kematian. Sesuai hukum tekanan Dalton: “jumlah tekanan pada zat sama dengan tekanan pada zat cair”. Oleh sebab itu semakin dalam diver menyelam semakin besar tekanan udara, sehingga makin banyak nitrogen yang masuk dalam darah. Kenaikan konsentrasi nitrogen dalam darah akan merangsang saraf, sehingga menimbulkan efek alkohol atau narkotik.  Dan jika tekanan parsial nitrogen meningkat pada penyelam efek bius nitrogen meningkat. Efek euforia (suasana senang berlebihan)  yang meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi kognisi dan penilaian situasi sehingga menyebabkan teknik menyelam kacau yang bis fatal bagi penyelam. Pembiusan nitrogen terjadi di kedalaman 70-100 ft.

Di dalam tabung gas tidak seluruhnya oksigen, karena kelarutan oksigen akan bertambah seiring dengan kedalam menyelam. Oksigen yang berlebihan juga akan merusak sistem saraf  utama pada manusia( Keracunan oksigen).  Sehingga kadar oksigen dalam tabung gas tidak kurang dari 20%. Begitu pun helium adalah salah satu alternatif yang baik untuk mengganti nitrogen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: