ulat ulat,, bulu bulu..

Dinamika peningkatan populasi ulat bulu penyebabnya kurang lebih sudah convergent (memusat) pada perubahan ekosistem, baik yang hayati (biotik) maupun nonhayati (abiotik).

Hasil penelitian terhadap sejumlah contoh spesies ulat bulu yang diperoleh dari berbagai lokasi menunjukkan adanya faktor penyebab yang sama, yakni perubahan ekosistem.

Perubahan ekosistem yang dimaksud menyebabkan hilangnya faktor keseimbangan alami untuk sementara waktu. Sebagai suatu sistem, alam juga memiliki komponen-komponen yang menciptakan keseimbangan. Saat salah satu komponen mengalami gangguan, keseimbangan itu akan terganggu. Begitu juga dengan yang terjadi dengan famili Limantriidae (ulat bulu) saat ini.

Populasi ulat ini biasanya ditemukan di daerah yang lembab dan kotor. Ulat-ulat ini bisa berkembang dengan cepat karena predator seperti burung pemangsa ulat mulai berkurang. Selain itu berbagai serangga parasetoid atau pemakan telur-telur ulat dan larva seperti semut Kararange juga sudah mulai berkurang karena sering diambil Manusia untuk berbagai keperluan seperti pakan, memancing ikan sehingga pertumbuhan ulat tidak terkontrol.

Selain itu ulat bulu tidak hanya suka di pohon mangga dan jambu air namun ada di pohon kelapa, waru, kamboja, bahkan di semak-semak. sepanjang kebutuhan nutrisi atau makanannya tercukupi dan kondisi pendukung lainnya tetap ideal, ulat bulu tidak akan pindah dari inangnya. “Tetapi kalau terpaksa, misalnya karena keterbatasan nutrisi, ia akan pindah ke pohon lain. Keterbatasan nutrisi dimaksud bisa disebabkan pohon inangnya sudah tidak produktif atau mati. “Bisa juga karena populasinya meningkat drastis seperti saat ini. Jumlah makanan yang tersedia semakin terbatas sehingga mereka akan pindah untuk mencari sumber makanan baru.

2 Komentar »

  1. ulat siberia Said:

    ribuan tahun lalu, nenek moyang indon diserang ulat bulu siberia yang besar-besar….sekarang hanya perulangan sejarah, makanya dulu ribuan tahun lalu nenek moyang indon migrasi ke nusantara dari siberia rusia….

    tuh kan petir hahahahaha……

    semoga dongengan ini cukup menghibur di tengah bencana ulat bulu…

    • evhatwivva Said:

      Amin,,
      Moga ajja warga yang di serang ulat bulu di beri ketabahan..

      Coba ajja di serang keuangan,, pgen juga A̶̲̥̅̊ƙΰ ikutan.. Hehee


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: